KREATIFITAS, INOVASI, DAN ENTREPRENEURSHIP

Prinsip Inovasi

Entrepreneur perlu memahami prinsip-prinsip Inovasi. Prinsip-prinsip Inovasi perlu dipelajari, dan apabila digabungkan dengan kesempatan, dapat mendorong individu untuk berinovasi.

­   Cenderung bertindak

­   Menyederhanakan produk, jasa, atau proses, dan mudah dipahami

­   Membuat produk, jasa, atau proses berdasarkan kebutuhan konsumen

­   Mulai dengan skala kecil

­   Memiliki rasa optimis bahwa akan berhasil

­   Temuan dicoba, diuji, dan diperbaiki

­   Belajar dari kesalahan

­   Memiliki jadwal dan ukuran kemajuan

­   Memberikan penghargaan untuk kegiatan heroik

­   Bekerja dengan giat dan terus-menerus

           

 

Jenis-jenis Inovator

Frohman dan Pascarella mengungkapkan bahwa terdapat lima jenis Inovator, yaitu :

  1. Penjaga Gerbang

Inovator ini mengumpulkan dan menyebarkan informasi mengenai perubahan atau kemajuan dalam bidang teknis. Mereka tidak pernah terlambat memahami perkembangan mengenai apa yang terjadi ataupun tentang gagasan-gagasan baru. Informasi mengenai perkembangan yang terjadi diperoleh lewat hubungan pribadi, pertemuan para ahli, ataupun media massa. Apabila inovator ini memperoleh informasi yang relevan, mereka akan mengirimkan informasi tersebut kepada pihak ataupun unit yang sesuai agar ditindaklanjuti.

  1. Pengembang Gagasan

Pengembang gagasan biasanya menganalisis informasi tentang teknologi baru, produk baru, ataupun prosedur yang baru, untuk menemukan gagasan baru bagi perusahaan. Gagasan baru tersebut mungkin berupa solusi yang bersifat inovatif terhadap permasalahan yang muncul dalam mengembangkan produk, dalam pengembangan usaha, ataupun dalam mencari peluang baru dalam pemasaran produk ataupun jasa.

  1. Juara

Para juara merupakan penganjur atau pendorong gagasan baru, akan berusaha untuk mendapatkan berbagai jenis sumber yang akan digunakan untuk membuktikan bahwa gagasannya memang layak dikembangkan. Mereka cenderung mementingkan hasil dan tidak terlalu perduli resiko dan juga tidak tertarik mempelajari konsekuensi yang dihadapi bila terjadi kegagalan. Misi utama untuk menyingkirkan hambatan terhadap gagasan baru.

  1. Project Managers

Seseorang perlu merencanakan anggaran dan jadwal, menyusun laporan yang memuat informasi tentang kemajuan yang sudah dicapai, mengkoordinasikan tenaga kerja dan mengusahakan berbagai peralatan yang diperlukan maupun berbagai jenis sumber lainnya. Mereka mengelola pekerjaan, tenaga kerja, yang dibutuhkan untuk mengubah suatu gagasan menjadi kenyataan.

  1. Pelatih

Jenis ini menggambarkan aspek teknis dan aspek hubungan antar manusia yang terjadi dalam proses inovasi. Pelatih akan mengusahakan pelatihan teknis yang berkaitan dengan pengembangan suatu gagasan baru, dan membantu tenaga kerja agar bisa bekerjasama mengubah gagasan menjadi kenyataan.

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di kewirausahaan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s