Tips Agar UAS Universitas Terbuka Mendapat Nilai Bagus (lulus), Tanpa Tatap Muka dan Tanpa Modul

mahasiswa UT mengikuti UAS (republika.co.id)

mahasiswa UT mengikuti UAS (republika.co.id)

Agar UAS mendapat nilai bagus, terutama bagi mahasiswa Universitas Terbuka seperti saya sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang pasti harus rajin belajar, tapi kalo tanpa modul gimana belajarnya? Apalagi, sebagian besar mahasiswa UT adalah mereka yang sudah aktif bekerja, kaya saya. Mau belajar jadi susah waktunya. Apalagi ikut belajar tatap muka langsung dengan dosen, ga ada waktu. Atau ikut kelompok belajar? Milih mending ngumpul sama keluarga. Tapi bagi yang serius dan ingin mendapat nilai UAS bagus dan memahami mata kuliah, sebaiknya ikut kelompok belajar atau tatap muka dengan dosen pembimbing.

Nah agar nilai UAS mendapat nilai yang memuaskan, tanpa membeli modul dan tanpa ikut kelompok belajar maupun tatap muka dengan dosen, berikut hal yang pernah saya lakukan. Tips dan trik agar nilai UAS Universitas Terbuka mendapat nilai yang baik:

  1. Mengikuti Tutorial Online secara rutin, minimal 3x seminggu untuk 1 mata kuliah. Mengapa demikian? Karena Tutorial Online atau Tuton bisa diakses di mana saja selama ada internet, bisa pakai ponsel pintar atau nyambi ngetik di kerjaan.
  2. Download dan save inisiasi yang disampaikan dosen Tuton, guna dipelajari lebih lanjut.
  3. Cari materi pedukung di internet dari mata kuliah berdasar inisiasi yang diberikan dosen Tuton. Hal ini agar kita tidak perlu beli modul, karena inisiasi yang diberikan dosen tidaklah lengkap, sekedar garis besar atau arahan semata.
  4. Aktif ikut diskusi yang ada di masing-masing tuton mata kuliah. Jangan sekedar menanggapi diskusi yang disampaikan dosen, tapi berkesinambungan dengan mahasiswa lain. Hal ini sebagai pengganti daftar hadir andai kita kuliah di kampus konvensional. Tentu saja keaktifan kita mengikuti tuton dan diskusi tuton membantu nilai akhir sebanyak 30% sekaligus mengasah otak untuk berkembang dan menambah pengetahuan.
  5. Wajib mengirimkan tugas dari dosen Tuton, meski anda tidak yakin kebenaran hasil yang anda kerjakan.
  6. Tulis ulang atau copy paste inisiasi di web atau di office dan save di ponsel, jangan lupa tambahkan pengetahuan pendukung mata kuliah. Hal ini agar kita tidak perlu bawa-bawa kertas, cukup buka web atau polary office semisal di smartphone android, saat ingin belajar, sehingga bisa di mana saja dan kapan saja.
  7. Rajin belajar, itu pastinya 😀

Ada yang mau menambahkan cara dn tips trik menhadapai UAs agar mendapat nilai bagus?

Alhamdulillah dengan cara tips dan trik dalam menhadapi UAs seperti di atas , tanpa modul dan tanpa tatap muka, mata kuliah saya mendapat nilai UAS yang cukup, bahkan beberapa mendapat nilai A. Tapi akan lebih baik anda memiliki modul atau buku panduan mata kuliah, toh tidak ada ruginya memeiliki buku pelajaran yang berguna sampai kapanpun. Saya juga masih mengumpulkan materi guna menghadapi Tugas Akhir Program. Tetap semangat.

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Tips dan Trik dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tips Agar UAS Universitas Terbuka Mendapat Nilai Bagus (lulus), Tanpa Tatap Muka dan Tanpa Modul

  1. SUHARDI berkata:

    Super Sekali..Terimaksih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s